5 Software Burning CD

Posted By balqismu on Sabtu, 31 Maret 2018 | Maret 31, 2018


Semakin berkembangnya teknologi dewasa ini, penggunaan Optical Drive sudah kurang begitu populer. Bahkan jika kita membeli notebook atau laptop baru yang memakai Optical Drive sudah mulai jarang.
Sebagian orang  masih sulit untuk bisa lepas sepenuhnya dari Optical Drive. Dalam kondisi tertentu terkadang burning data ke CD / DVD masih diperlukan, misalnya saja untuk membuat media instalasi Windows melalui burning ISO, mengumpulkan tugas ke dosen dalam bentuk disk, dsb.
Namun tidak ada salahnya jika kami berikan informasi tentang software burning CD/DVD, siapa tahu ada yang sedang memerlukannya.

1. PowerISO

Karena banyak pengguna Windows yang burning DVD hanya untuk digunakan saat membuat media instalasi Windows, maka PowerISO yang memang powerful di area tersebut menjadi pilihan favorit oleh sebagian pengguna.
Dengan PowerISO kamu bisa burning file image seperti ISO, BIN, NRG, CDI, DAA, dsb. Kamu juga bisa mengekstrak dan membuka file ISO dengan mudah. Bahkan mount file ISO pun bisa dilakukan dengan mudah. Sopftware ini juga bisa burning data, membuat audio CD, bahkan juga melakukan ripping audio CD ke file MP3, FLAC, APE, WMA, BIN, dsb.

2. ImgBurn

Software ini juga support banyak sekali format file image, mulai dari BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG, MDS, NRG, PDI, dan tentu saja tidak akan ketinggalan file ISO juga. ImgBurn dilengkapi 4 mode, yaitu:
  • Read: untuk membaca disc / file image
  • Build: untuk membuat file image dari disc / membuat disc dari file
  • Write: untuk membuat disc dari file image
  • Verify: untuk melakukan pengecekan dan memastikan disc 100% terbaca
  • Discovery: untuk melakukan test terhadap disc drive / media

3. CDBurnerXP

Dengan CDBurnerXP kamu bisa burning data, audio, hingga file ISO ke CD / DVD / Blu-Ray / HD-DVD. Satu fitur yang cukup menarik adalah adanya converter file image dari bin/nrg ke ISO. CDBurnerXP merupakan software burning CD / DVD yang support hingga di Windows 10.

4. Ashampoo Burning Studio

Secara fungsi, Ashampoo Burning Studio tergolong lengkap. Kamu bisa burn file / folder, video, musik, serta disk images (seperti file ISO, dsb). Salah satu keunggulannya dibanding yang lain adalah adanya fitur backup untuk melakukan kompresi & enkripsi data agar lebih aman dan hemat space.

5. Nero Burning ROM

Inilah software CD / DVD burning yang paling banyak digunakan oleh pengguna Windows. Fiturnya sangat lengkap karena sudah terintegrasi antara media manager, converter, burner, ripper, hingga backup & rescue. Nero Burning ROM merupakan software premium yang berbayar. Dulu ada versi gratisnya yaitu Nero BurnLite, yang sekarang telah diintegrasikan di Nero MediaHome.
Kelima software burning CD/DVD di atas mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang membutuhkan untuk keperluan burning DC/DVD.

Blog, Updated at: Maret 31, 2018

0 komentar:

Posting Komentar