4 Cara Mengatasi CD Rusak

Posted By balqismu on Jumat, 27 November 2015 | November 27, 2015

Kerusakan pada media CD sehingga ia tidak bisa dibuka dengan CD Player maupun PC/Laptop disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda-beda. Adakalanya kerusakan tersebut dikarenakan karena keping CD yang kotor, gores, atau yang lainnya. Berikut ini sedikit tips yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan CD Anda yang rusak. Namun hal ini tidak jaminan, bisa jadi karena faktor kerusakan yang lain sehingga tidak bisa diperbaiki dengan cara di bawah ini. Ok, langsung saja kita buktikan :) yuk di simak...

1. Buah Pisang untuk Membersihkan CD yang Macet

Memang aneh rasanya buah pisang bisa digunakan untuk memperbaiki CD/DVD yang rusak tersebut. Namun beberapa pengalaman membuktikan bahwa buah pisang memang bisa digunakan untuk memperbaiki CD/DVD yang rusak. Caranya adalah dengan menggosokkan buah pisang tersebut ke lapisan cd atau dvd yang rusak tersebut. Lalu dilanjutkan dengan membersihkan kosokan pisang padi dengan menggunakan kulit  pisang bagian dalam. Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga piringan CD/DVD betul betul kering. Kemungkinan berhasil menggunakan teknik ini sangat tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami oleh CD/DVD. Tiga korban yang ada pada kepingan CD/DVD cukup ringan, maka potensi berhasilnya akan cukup besar.

 2. Menggunakan Pembersih  Mobil Atau Car Wax

Langkah yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki CD/DVD menggunakan pembersih mobil adalah dengan mengoleskan pembersih mobil tersebut ke permukaan CD/DVD. Kalau dikaitkan dengan membilas permukaan CD/DVD tersebut menggunakan air. Lalu tunggu hingga CD/DVD benar benar kering baru anda coba lagi dimainkan di player kesayangan anda.

3. Menggunakan Pembersih Furniture

Dengan menggunakan pembersih furniture, maka kerusakan ringan dan berat kemungkinan besar akan bisa teratasi. Namun sekali lagi ini bukan sebuah jaminan. Setidaknya kita sudah mencoba untuk memperbaiki CD/DVD yang rusak tersebut. Cara menggunakannya yaitu dengan mengusapkan pembersih furniture itu ke atas permukaan CD/DVD yang tergores tersebut. Butuh dilakukan berulang kali jika goresan CD/DVD sudah cukup parah.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Penggunaan pasta gigi untuk memperbaiki permukaan CD/DVD memang termasuk cukup sederhana, karena pasta gigi merupakan sebuah bahan yang paling hampir ada di setiap rumah. Cara memperbaiki CD/DVD yang rusak dengan menggunakan pasta gigi adalah dengan cara mengoleskan pasta gigi tersebut ke atas permukaan CD/DVD. Selanjutnya adalah membersihkan permukaan CD/DVD tersebut dengan menggunakan kain yang sangat halus. Lakukan proses pembersihan sisa pasta gigi tersebut dengan hati hati supaya tidak menimbulkan goresan yang baru.

Demikianlah langkah langkah sederhana dalam memperbaiki CD/DVD yang rusak akibat goresan. Silahkan coba langkah di atas yang menurut anda paling mudah. 

Blog, Updated at: November 27, 2015

0 komentar:

Posting Komentar